Yon Koeswoyo Koes Plus | Perginya Legenda Musik Indonesia

  • By Teddy

Koesyono ‘Yon’ Koeswoyo meninggal dunia di usia 77 tahun pada hari Jumat (5/1) akibat penyakit yang dideranya. Yon adalah vokalis band legendaris Koes Bersaudara dan Koes Plus, yang sangat tenar di dekade 60 dan 70an. Yon dan saudara-saudaranya dari klan Koeswoyo pertama kali rekaman pada tahu 1962 di bawah label Irama record. Pada 1965 mereka sempat dipenjara di Glodok selama tiga bulan oleh Orde Lama di bawah pemerintahan Soekarno dan itu membuat mereka semakin populer.

Pemenjaraan ini disebabkan penampilan mereka di sebuah pesta di Tanah Abang yang membawakan lagu Beatles, yang dulu disebut sebagai agen Neo-kolonialisme atau agen Barat dan itu dilarang oleh Sukarno pada saat itu. Pada Tahun 1969, Koes Bersaudara berubah menjadi Koes Plus, karena Nomo Koeswoyo memutuskan keluar dan posisinya sebagai penabuh drum digantikan oleh Kasmuri atau Murry.

Sejak itu, formasi Koes Plus terus berubah-ubah. Pada 2004, dengan keluarnya Murry, membuat Yon menjadi satusatunya keluarga Koeswoyo yang masih tersisa di Koes Plus. Namun, Yon tidak berhenti bermusik dan justru merekrut musisi-musisi muda. Apa yang mereka tampilkan di festival tahun 69 yang paling berpengaruh saat itu, mereka main lagu-lagu sendiri sementara band lain main lagu-lagu orang.

Akhirnya semua berlomba-lomba ingin mengemulasi apa yang dilakukan Koes Plus. Apa yang mereka buat, sampai pertengahan 70an, itu yang menjadi pakem. Dan label-label rekaman lain berusaha mencari Koes Plues mereka. Begitu legendarisnya Koes Plus, banyak orang yang menyandingkannya dengan band The Beatles dari Inggris. Dan Yon, sang vokalis, disandingkan dengan John Lennon.

Karena sangat populer, semua karya-karyanya dinyanyikan dari anak-anak muda, sampai generasi yang sudah tua, pasti tahu lagu Koes Plus. Seperti halnya di Inggris sana dengan Beatles yang merembes sampai generasi muda. Begitu melegendanya Koes Plus ini, musisi legendaris seperti Chrisye saja sangat mengagumi Koes Plus. Jadi legenda aja mengagumi legenda.

Penata musik Erwin Gutawa pun sempat mengeluarkan album Salute to Koes Plus-Bersaudara. Lagu-lagu ciptaan Koes Plus tidak hanya sekadar lagu-lagu populer yang menghibur. Banyak karyanya juga menginspirasi rasa cinta tanah air, membangun nasionalisme dan patriotisme. Kini Yon sudah tiada. Kita semua kehilangan Sang Pahlawan Seniman pencipta lagu, Seniman yang sangat sayang, cinta dan bangga atas negerinya sendiri.