Tinton Soeprapto | Tak Hanya Melintas di Sirkuit

  • By Tio. S

Memasuki area Sirkuit Internasional Sentul, yang merupakan sirkuit satu-satunya di Tanah Air bertaraf internasional, suasana riuh. Cukup banyak warga dan karyawan Sirkuit Sentul memanfaatkan segarnya udara di sana untuk berolah raga berjalan kaki, lari kecil hingga senam ringan bersama.

Satu diantara kerumunan warga tadi tampak wajah seorang pria bertubuh bugar yang sudah tidak asing lagi, terutama bagi penggemar olah raga otomotif. Mengenakan kaos berkerah berwarna gelap dan celana pendek merah serta bersepatu sneaker kats, Tinton Soeprapto, 74, tampak jauh lebih muda. “Rahasia untuk tetap bugar setelah makan lalu bakar,” katanya dalam satu kesempatan wawancara.

Kedatangan Ikupad, pagi itu dia sambut dengan ramah. “Hai...kita janjian jam 09.00 khan...ini baru jam 08.00,” ujarnya. Tinton pun minta ijin untuk melanjutkan rutinitas olah raga jalan paginya dan mempersilakan Ikupad untuk melihat-lihat fasilitas Sirkuit Sentul yang berlokasi di Desa Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat itu.

Nama Tinton Soeprapto tak lepas dari dunia balap. Pun kini dia masih sibuk mengurus Sirkuit Sentul sebagai Direktur Sarana Sirkuitindo Utama.

Memasuki Sirkuit Sentul nan sejuk dengan rimbu pepohonan yang menghijau di kanan-kiri jalan utamanya, terasa ada nafas gairah. Pagi itu, tampak beberapa anak muda sudah ‘mengutak-atik’ motor balapnya di tempat yang telah disediakan. Suara deruman mesin motor membahana terdengar bagi siapa saja yang melintasi area sirkuit.

Terlihat juga beberapa pekerja mempersiapkan arena latihan di lokasi beraspal yang mulus. Suasana di Sirkuit Sentul pagi itu benar-benar terasa hidup. Apalagi, ada kabar pihak menajemen tengah bersiap diri untuk menjadi tuan rumah pagelaran MotorGP dunia pada 2021.

Persiapan ke arah itu pun terlihat serius. Tinton mengaku semangatnya bertambah saat Presiden Joko Widodo, bertepatan dengan acara pembagian 15.000 sertipikat tanah kepada warga Bogor, mengunjungi sirkuit miliknya.

“Presiden waktu itu kaget ada sirkuit kelas internasional di Indonesia yang murni dibiayai swasta. Presiden mengatakan ini harus dikawal dan didukung,” ujar Tinton, menirukan ucapan Presiden Jokowi.

Banyak pihak yang menilai, Presiden Jokowi telah memberi restu agar Sirkuit Internasional Sentul digunakan untuk perhelatan balap motor dunia, MotoGP. Langkah ini, dinilai sebagai pintu awal Sirkuit Sentul untuk berbagai ajang bertaraf internasional lainnya.